Fakta dan Sejarah VW ‘Kodok’ Si Mobil Unik
VW Kodok merupakan mobil paling unik yang pernah ada. Siapa yang tak mengenalnya? Bentuknya yang nyentrik sehingga mudah diingat orang. Tidak hanya bentuk, performanya pun sangat tangguh di jamannya.
Asal Mula Mobil VW
Mobil VW Beetle Kodok
www.vw-beetles.org
Awal mula Volkswagen didirikan yaitu pada tahun 1937 oleh Serikat Dagang Nazi bernamaSerikat Buruh Jerman atau dalam bahasa Jerman yaitu Deutsche Arbeitsfront. Hingga awal tahun 1930-an pabrikan otomotif di Jerman banyak yang memproduksi mobil mewah. Rata-rata orang Jerman tidak dapat membelinya.
Karena terlihat pasar sangat potensial, maka beberapa pabrikan mobil di Jerman membuat proyek untuk “Mobil Rakyat” seperti Mercedes 170H, Steyr 55, Adler AutoBahn, Hanomag 1.3L, dan lainnya. Sampai tahun 1933, proyek-proyek tersebut masih dalam tahap pengembangan.
Adolf Hitler menginginkan sebuah mobil murah yang disebut “Mobil Rakyat” atau Volkswagen. Yang diinginkan Hitler yaitu sebuah mobil standar berkapasitas 2 dewasa dan 3 anak. Memiliki kecepatan 100 km/jam. Mobil rakyat tersebut nantinya akan tersedia untuk rakyat Nazi dengan harga 990 Reichsmark, atau seharga sebuah sepeda motor pada waktu itu.
Perancang Mobil ‘Kodok’
Proto-tipe Mobil VW Kodok
garasivolkswagen.blogspot.com
Perancang mobil VW Kodok masih kontroversial. Secara resmi, Dr. Ferdinand Porsche dinobatkan sebagai perancang mobil kodok pertama. Dr. Ferdinand Porsche terpilih untuk mengembangkan proyek mobil yang sesuai keinginan Hitler.
Sebenarnya pada tahun 1920-an, Josef Ganz mendesain mobil serupa dengan yang dirancang oleh Porsche. Bahkan Ganz memberikan slogan pada sebuah iklan “Mobil Rakyat Jerman” atau German Volkswagen. Namun yang dirancang Ganz lebih kecil dan lebih murah harganya.
Mempunyai Banyak Nama Julukan
VW Kodok Merah
betterparts.org
Mobil unik ini memiliki nama asli Volkswagen Type 1. Namun setelah perang dunia II, berubah nama menjadi VW Beetle atau VW Kafer dalam bahasa Jerman. Di Indonesia dijuluki mobil kodok. Berikut daftar julukan dari berbagai negara, yaitu:
Jerman, Austria dan Swiss: Kafer
Argentina: Escarabajo
Belanda: Kever
Brazil: Fusca
Bolivia: Peta
Bosnia – Herzegovina: Folcika
Bulgaria: Косτенурка (Kostenurka), Бръмбар (Brambar)
Colombia: PulgaBelgia: Coccinelle atau Kever
Filippina: Pendong
Italia: Maggiolino
Jepang: Kabuto-mushi
Kroasia: Buba
Malaysia: Kura atau Kodok
Meksiko: Vocho atau Vochito
Republik Cheko: Brouk
Rusia: Фольксваген-жук(Folksvagen-Zhuk)
Termasuk Mobil Berpengaruh di Dunia
VW Beetle Antik
www.collectorscarworld.com
VW Kodok diproduksi sejak tahun 1938 hingga 2003. Namun sempat terhenti ketika Perang Dunia II. Pada rentang masa itu, lebih dari 21 juta VW Kodok dibuat. Ketika diadakan polling internasional, VW Kodok menempati peringkat keempat penghargaan mobil yang paling berpengaruh, setelah Ford Model T, Mini dan Citroën DS.
sori kalo repost lama nda post
sumur http://www.suherlin.com/fakta-dan-se...si-mobil-unik/
Asal Mula Mobil VW
Mobil VW Beetle Kodok
www.vw-beetles.org
Awal mula Volkswagen didirikan yaitu pada tahun 1937 oleh Serikat Dagang Nazi bernamaSerikat Buruh Jerman atau dalam bahasa Jerman yaitu Deutsche Arbeitsfront. Hingga awal tahun 1930-an pabrikan otomotif di Jerman banyak yang memproduksi mobil mewah. Rata-rata orang Jerman tidak dapat membelinya.
Karena terlihat pasar sangat potensial, maka beberapa pabrikan mobil di Jerman membuat proyek untuk “Mobil Rakyat” seperti Mercedes 170H, Steyr 55, Adler AutoBahn, Hanomag 1.3L, dan lainnya. Sampai tahun 1933, proyek-proyek tersebut masih dalam tahap pengembangan.
Adolf Hitler menginginkan sebuah mobil murah yang disebut “Mobil Rakyat” atau Volkswagen. Yang diinginkan Hitler yaitu sebuah mobil standar berkapasitas 2 dewasa dan 3 anak. Memiliki kecepatan 100 km/jam. Mobil rakyat tersebut nantinya akan tersedia untuk rakyat Nazi dengan harga 990 Reichsmark, atau seharga sebuah sepeda motor pada waktu itu.
Perancang Mobil ‘Kodok’
Proto-tipe Mobil VW Kodok
garasivolkswagen.blogspot.com
Perancang mobil VW Kodok masih kontroversial. Secara resmi, Dr. Ferdinand Porsche dinobatkan sebagai perancang mobil kodok pertama. Dr. Ferdinand Porsche terpilih untuk mengembangkan proyek mobil yang sesuai keinginan Hitler.
Sebenarnya pada tahun 1920-an, Josef Ganz mendesain mobil serupa dengan yang dirancang oleh Porsche. Bahkan Ganz memberikan slogan pada sebuah iklan “Mobil Rakyat Jerman” atau German Volkswagen. Namun yang dirancang Ganz lebih kecil dan lebih murah harganya.
Mempunyai Banyak Nama Julukan
VW Kodok Merah
betterparts.org
Mobil unik ini memiliki nama asli Volkswagen Type 1. Namun setelah perang dunia II, berubah nama menjadi VW Beetle atau VW Kafer dalam bahasa Jerman. Di Indonesia dijuluki mobil kodok. Berikut daftar julukan dari berbagai negara, yaitu:
Jerman, Austria dan Swiss: Kafer
Argentina: Escarabajo
Belanda: Kever
Brazil: Fusca
Bolivia: Peta
Bosnia – Herzegovina: Folcika
Bulgaria: Косτенурка (Kostenurka), Бръмбар (Brambar)
Colombia: PulgaBelgia: Coccinelle atau Kever
Filippina: Pendong
Italia: Maggiolino
Jepang: Kabuto-mushi
Kroasia: Buba
Malaysia: Kura atau Kodok
Meksiko: Vocho atau Vochito
Republik Cheko: Brouk
Rusia: Фольксваген-жук(Folksvagen-Zhuk)
Termasuk Mobil Berpengaruh di Dunia
VW Beetle Antik
www.collectorscarworld.com
VW Kodok diproduksi sejak tahun 1938 hingga 2003. Namun sempat terhenti ketika Perang Dunia II. Pada rentang masa itu, lebih dari 21 juta VW Kodok dibuat. Ketika diadakan polling internasional, VW Kodok menempati peringkat keempat penghargaan mobil yang paling berpengaruh, setelah Ford Model T, Mini dan Citroën DS.
sori kalo repost lama nda post
sumur http://www.suherlin.com/fakta-dan-se...si-mobil-unik/
0 komentar:
Posting Komentar